header-frame

Admin Klassku - 08 Jun 2022

Ramah Digital adalah sebuah program Direktorat SMA (Kemendikbudristek) yang berfungsi untuk memberikan bimbingan teknis kepada segenap guru-guru di Indonesia. Ramah Digital boleh dikatakan mengajak guru-guru untuk sadar akan perkembangan teknologi digital yang begitu cepat, dan dipercaya dapat membantu pemerataan pendidikan di Indonesia.

Direktorat SMA merangkul beberapa narasumber yang dianggap kompeten pada bidangnya, salah satunya adalah Aplikasi Klassku dalam pemberian materi mengenai Gamifikasi.

Jumlah peserta yang hadir pada bimtek ini ada sekitar 80 peserta (tamu undangan) yang terdiri dari Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Lampung dan Aceh.

Bapak Ferry Chrisnandika yang mewakili Aplikasi Klassku juga selaku Product Owner menyampaikan kepada para peserta bahwa pendidikan/proses kegiatan belajar dan mengajar itu menjadi sangat mengasyikan jika bisa digabungkan dengan perkembangan teknologi digital. Dengan teknologi digital, KBM di sekolah bisa dibuat menjadi fleksibel dan jangkauannya bisa diperluas sesuka hati dari para pengajar

Fleksibel karna cukup dengan satu aplikasi dan pengajar tidak perlu membuat alat peraga bahkan sampai dengan papan skor untuk seluruh siswa di sekolahnya. Bisa kita bayangkan, kalau 1 sekolah mempunyai total murid 200 pelajar, seberapa rumitnya pengajar untuk membuat alat peraga, daftar murid, dan papan skor untuk seluruh murid tersebut.

Jangkauanya bisa diperluas dengan mudah, karena cukup melalui satu aplikasi si pengajar bisa membawa kuis ke semua kelas hanya dalam 1 genggaman tangan. Seluruh pelajar hanya memerlukan nomor pin untuk bisa masuk ke dalam kuis yang dibuat oleh pengajar.

Sangat mengasyikan proses KBM seperti ini, semangat mengajar untuk semua pengajar di Indonesia, semangat belajar untuk semua pelajar di Indonesia,

Salam Klassku